Rahasia Sukses UKM Taiwan Mendunia, Ada di Buku Ini

The Success Secrets of Taiwan’s Worldwide SME in Creative Industries karya M Suyanto merupakan buku yang patut Anda baca apabila ingin “mengintip” rahasia sukses sejumlah UKM di Taiwan yang berhasil mendunia. [SHNet/Ist].
SHNet, Yogyakarta – Sukses berbisnis hingga mampu menggapai pasar mancanegara bukan hanya dapat diraih perusahaan-perusahaan besar. Sejumlah usaha berskala kecil dan menengah (UKM) di Taiwan berhasil mendunia karena mampu “bermain” di kancah perdagangan internasional. Apa rahasia dari perusahaan-perusahaan skala UKM tersebut dalam meraih sukses?

M Suyanto memaparkan hasil kajiannya dalam buku The Success Secrets of Taiwan’s Worldwide SME in Creative Industries. Buku ini patut Anda baca, bukan hanya karena tulisan di dalamnya merupakan kajian langsung dari sang penulis, melainkan karena dapat memberikan inspirasi kepada para pelaku UKM yang ingin mengembangkan pemasaran produk mereka ke seluruh penjuru dunia.

UKM Taiwan yang mendunia, yang diangkat dalam buku ini antara lain adalah Liuli Gongfang, Pili Multimedia, International Game System Co.LT (IGS), Interserv International Inc, Transart Graphics, Franz, Artilize World Wide, HTC, Bonho Inc, dan Sunnano Biotech. M Suyanto mengungkap rahasia kesuksesan masing-masing perusahaan setelah mengkaji berbagai aspek, mulai dari latar belakang sejarah, produk, kultur, ide, hingga strategi branding tiap-tiap UKM tersebut.

Bagian Pendahuluan buku ini memuat tentang Taiwan selayang pandang, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia, migrasi ekonomi Taiwan, Taipei Technology Corridor, Taiwan Science Park, bantuan pemerintah terhadap industri dan budaya kreatif, strategi pengembangan industri budaya dan kreatif, serta strategi pengembangan industri wisata setempat. Bab 2 hingga Bab 11 buku ini masing-masing memuat rahasia tiap-tiap perusahaan secara lebih detail.

Kajian Teoritis dan Praktis
Penulis buku ini, M Suyanto, merupakan seorang peneliti, pengajar sekaligus pegiat bisnis yang telah sukses mengembangkan usahanya ke kancah global. M Suyanto merupakan rektor Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Amikom, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang telah didirikannya pada awal dekade 1990 silam. Saat ini, ia berhasil membina para mahasiswanya hingga meraih sukses berwirausaha, dengan penghasilan mencapai ribuan dolar.

Buku The Success Secrets of Taiwan’s Worldwide SME in Creative Industries terbit pada 2014, buah kerja sama Penerbit Andi, Yogyakarta, dengan STMIK Amikom. Buku setebal 418 halaman ini merupakan hasil kajian teoritis dan praktis penulis, yang terjun langsung ke perusahaan-perusahaan yang bersangkutan. Penulis yang bergelar profesor ini mendapat gelar Guru Besar pada tahun 2008, dan mendapat gelar doktor dalam ilmu ekonomi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pada tahun 2007.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *