Miko, Mahasiswa Amikom Menang Kejuaraan Dunia Overlocking

SHNet, Jakarta – Mahasiswa Universitas Amikom di Yogyakarta menghasilkan banyak karya yang diakui di dunia internasional. Dari pembuatan film animasi, perburuan dollar lewat aplikasi online, hingga temuan-temuan di bidang Teknologi.

Beberapa waktu lalu, mahasiswa S-1 Teknik Informatika, Miko Kastomo Putro menorehkan prestasi di kancah kejuaraan internasional. Miko yang memiliki Nickname : supermiko_77 berhasil menjadi runner-up kompetisi kejuaraan overlocking tingkat dunia yang diselenggarakan HWBOT. Overclocking(OC) adalah sebuah tindakan yang dilakukan pengguna PC untuk membuat PC-nya berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi dari standar pabrikannya.

Dalam kejuaraan dunia ini, Miko mengalahkan peserta dari Jerman, Swiss, dan Kanada. Miko hanya dikalahkan peserta dari Amerika Serikat. Di ajang tersebut, Miko berhasil memperoleh total akumulasi poin sejumlah 99 Point, dan berhasil menempati peringkat kedua.

Kompetisi ini secara rutin diadakan oleh situs overclocking terbesar Dunia, HWBOT.org. Dalam kompetisi ini terdapat 3 stage dimana Overclocker berlomba-lomba untuk meng-overclock sebuah set hardware dan menjalankan serangkaian tes/benchmark tertentu dalam waktu terbatas.

Total poin dari tiap babak akan diakumulasi dan dirangking sesuai dengan jumlah poin yang didapat dalam kompetisi resmi HWBOT. Skor yang didapat dalam tes tersebut nantinya akan diupload secara online dan divalidasi oleh HWBOT.

Pada leaderboard kelas rookie fase putaran #41 Miko berhasil mengugguli peserta dari german dengan selisih 11 point, sedangkan juara 1 diraih peserta dari US dengan total 132 point. Sementara itu, pada gygabyte march madness miko menempati urutan ke 14 dengan total point 69.

Hal itu dikarenakan pada stage 3 hasil submit yang ada dihapus akibat adanya kesalahan upload submit dari system pusat. Dalam fase ini di ikuti oleh 60 Overclocker Dunia. Seandainya hasil submit tersebut masuk, tidak menutup kemungkinan peringkat miko dapat jauh lebih baik.

Untuk ajang March Madness ini Miko melakukan debut awal di kancah Kelas Profesional pertamanya. Berdasarkan siaran pers Amikom, hasil ini akan menjadi cambukan bukan hanya Miko, tetapi Tim overclocker universitas AMIKOM Yogyakarta lainnya supaya menjadi yang terbaik. (TH)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *