Kembangan Film Animasi, Amikom Gandeng Kompas Gramedia

SHNet, Jakarta – Film animasi “Battle of Surabaya” hasil karya salah satu Badan Usaha Milik Universitas Amikom, MSV Pictures menorehkan kebanggaan. Karya yang sempat diragukan oleh praktisi perfilman di dalam negeri ternyata gemilang di manca negara. Terbukti film ini berhasil mengantongi penghargaan internasional.

Film ini juga banyak diputar di manca negara. Bahkan, dua tahun setelah diputar di bioskop Indonesia, berbagai negara masih memutar film tersebut. Pada 1 Oktober 2017 lalu, film karya Rektor Universitas Amikom, M Suyanto tersebut diputar di Berlin, Jerman.

Sukses film animasi ini membuat MSV Picture semakin percaya diri untuk membuat proyek-proyek film animasi. Salah satu film animasi yang sedang disiapkan Ajisaka.  Untuk melebarkan sayapnya, MSV Pictures juga menggandeng Kompas Gramedia terkait pengembangan bisnis Intelectual Property (IP) dan Animasi untuk pasar global.

Agenda Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Hery Soelistio (Vice CEO MSV Pictures) dan Henricus Herianto (Direktur Kompas Gramedia Production) di Kantor Pusat Kompas Gramedia Grup (8 Juni 2017).

Intellectual Property merupakan salah satu solusi agar film animasi indonesia bisa semakin berkembang baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Sebab, ketika industri Animasi hanya terfokus pada produksi Animasi, akan sangat sulit bagi pembuat konten animasi untuk bersaing di pasar global.

Perwakilan MSV Pictures dan Kompas Gramedia menandatangani MoU Kerjasama di bidang Animasi. (Foto : Amikom)

 

Tetapi sebaliknya, jika Produsen film animasi tersebut juga mengembangkan IP produknya, terutama terkait dengan Lisensi dan Merchandising, maka keuntungan yang didapat akan menjadi lebih banyak. Terkait dengan Intelectual Property tersebut, Kompas Gramedia juga akan mendukung penjualan merchandising “Battle of Surabaya” dan Film-film MSV lainnya di seluruh gerai gramedia di Indonesia.

Selain itu, Kompas Gramedia dan MSV Pictures juga akan bersama-sama memproduksi film animasi. Kompas Gramedia Group sendiri juga memiliki Rumah produksi yang disebut dengan KG Production. Beberapa Film yang sudah dihasilkan diantaranya: Sang Penari, 5 Elang, Garuda di dadaku 2, dll. Untuk Film Animasi, KG Production juga menggarap film Si Geboy, yang berkisah tentang Bocah laki-laki gendut yang bercita-cita menjadi Pahlawan Super.

Kerjasama antara MSV Pictures dengan Holding Media Terbesar di Indonesia ini, tentunya akan memberikan dampak yang positif dalam pengembangan berbagai film animasi yang diproduksi oleh perusahaan yang sebelumnya sukses menggarap film “Battle of Surabaya” ini.

Hubungan baik antara Amikom group dengan Kompas Gramedia Group sendiri sudah berlangsung lama. Salah satunya adalah kerjasama antara stasiun televisi lokal milik Amikom, RBTV dengan Kompas TV. Selain itu, Pimpinan Kompas Gramedia Group juga berulangkali berkunjung ke Universitas Amikom Yogyakarta, begitu juga sebaliknya. (TH)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *