Gablind, Temuan Mahasiswa Amikom untuk Orang Buta Dapat Penghargaan Internasional

Demo Gablin, menggunakan semacam alat remote untuk menemukan di mana posisi perangkat tersebut diletakkan

SHNeT, Jakarta – Mahasiswa Universitas Amikom kembali menorehkan nama di ajang Asia Smart App Awards 2017, di Hongkong. Berkat inovasi untuk orang buta, Gablind (Glasses dan Shoes for the Blind) menjadi pemenang untuk kategori Lifestyle dan Sosial, bersama dengan Scalebook dari Hongkong dan Drupe dari Israel. Untuk kategori tersebut, Scalebook mendapatkan emas, Drupe diganjar perak, dan Gablin meraih perunggu.

Inovasi ini membuktikan bahwa inovasi anak-anak Indonesia tidak kalah dengan negara-negara maju, bahkan Israel yang sangat maju di dalam bidang teknologinya. Dikutip dari laman resmi Universitas Amikom, Kompetisi yang diadakan oleh Hong Kong Wireless Technology Industry Association (WTIA) ini diikuti oleh 111 Produk dari 13 Negara di Asia.

Mahasiswa Amikom saat mendapatkan penghargaan di Hongkong berkat Gablind, inovasi untuk orang buta. (Foto : Ist)

Produk inovasi berupa sepatu dan kacamata itu bertujuan untuk membantu tunanetra. Selain lifestyle dan sosial, Asia Smart App Award 2017 juga memberikan penghargaan untuk kategori Bisnis dan Produktivitas. Untuk kategori ini, PolicyPal dari Singapura mendapatkan emas, Goldentime119 dari Korea mendapatkan perak, dan PARKnSHOP dari Hongkong meraih perunggu.

Untuk pemenang kategori Game dan Entertainment, Tapkids dari Vietnam meraih emas, English Galaxy dari Hongkong menyabet perak dan Turbine Fighter dari Hongkong meraih perunggu. Adapun, Grand Award diraih Scalebook dan HKSTP Startup Award oleh Mini Legend. (TH)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *